Jumat, 16 Maret 2018

EVENT ORGANIZER - OJEK ONLINE



Oleh: Liana Apriyanti - 1101150159


#SATU - EVENT


Peluncuran promo #KantongMahasiswaUBK, Mau ke kampus atau order makan sampai ke kelas ? Bisa!
Universitas Bung Karno adalah salah satu Universitas yang menyediakan slot kuliah malam dengan bidik masyarakat umum yang kebanyakan berasal dari Pekerja maupun Wirausahawan. Dengan rentang waktu kegiatan belajar-mengajar mulai pukul 5 petang hingga pukul 10 malam, tentunya salah satu hal yang terbesit ialah “Makan malam apa” dan “Makan malam dimana”. Menyadari problema tersebut, salah satu solusinya ialah dengan menggunakan layanan jasa ojek online sebagai wadah penyalur memesan makanan. Hal inilah yang kemudian membuat jasa ojek online menggaet Universitas Bung Karno dalam promo dengan tagline-nya; #KantongMahasiswaUBK
Sebagai rangkaian promosi program tersebut akan diadakan sosialisasi melalui Event yang berbasis Mahasiswa Jaman Now.

Opportunity :
-          Jika dimasa sekolah dasar dahulu, kita sering mendengar istilah sandang, pangan dan papan. Nah, dimana makan malam ini ialah bagian dari kegiatan sandang. Tidak bisa dipungkiri kebutuhan makan malam merupakan kebutuhan harian hampir setiap orang. Dengan adanya kebutuhan ini, peluang jasa ojek online tentunya sangat besar. Dengan keberagaman kuliner Indonesia tentunya selera setiap orang pun bermacam-macam. Disini jasa ojek online hadir untuk menjembataninya.­
Threat :
-          Bersaing dengan warung makanan lokal yang berjajar di area kampus.


 #DUA - EVENT


Charity Event #BookToBook
Ini adalah sebuah Charity Event persembahan dari Jasa Ojek Online, yang mana berlandaskan hal klise; Buku adalah Jendela Dunia. Seperti yang kita ketahui, istilah Book dalam bahasa inggris mengacu kepada dua hal, yaitu Buku dan Reservasi.  Aturan main program ini ialah dimana setiap mahasiswa dapat membayar tagihan perjalanan dengan buku pelajaran ataupun novel yang masih layak dibaca sesuai dengan syarat tentunya. Kemudian, “setoran buku” dari driver oleh pihak Jasa Ojek Online akan di distribusikan ke Perpustakaan Kampus yang akan bekerja sama.
Program ini hanya berlangsung 1 hari, yaitu di hari buku dunia pada tanggal 23 April mendatang.
Sebagai rangkaian promosi program tersebut akan diadakan sosialisasi melalui Event yang berbasis Mahasiswa Jaman Now.

Opportunity :
-          Manusia pada dasarnya ialah makhluk sosial and sosial media. Dengan adanya event nyentrik seperti ini, peluang kesempatannya cukup besar, yaitu ikut-ikutan agar dibilang hypie.

Threat :
-          Kesulitan mungkin akan datang dari kurangnya info terhadap pihak Driver maupun pendistribusian.



#TIGA - SEMINAR

Seminar Inspiratif ;“Yang Muda dan Mudah, Bisnis melalui Ojek Online”

Sebuah program seminar persembahan jasa Ojek Online, yang mana berlandaskan bahwa sebuah usaha bisnis terjadi antara Pihak penjual dan Pihak pembeli. Nah, bisakah kita memanfaatkan peluang jika kita bukanlah penjual maupun pembeli ? Jawabannya BISA! Mau tahu kiat selanjutnya, hadirilah Seminar Inspiratif ini yang akan diselenggarakan di Universitas Bung Karno.
Opportunity :
-          Seminar yang diadakan dikampus apakah selalu berhasil menggaet pengunjung? Bisa. Walaupun kebanyakan mungkin pengunjung ialah civitas sendiri. Meski mungkin hanya dua alasan kenapa mengikuti seminar, ingin mendapatkan ilmu ataupun setifikat saja.

Threat :
-          Banyak sekali jurnal atau e-book gratis yang tersedia di Internet tanpa harus mengikuti seminar. Umumnya jika mendengar kata “Seminar” bagi orang awam, biasanya yang terbesit adalah duduk berjam-jamnya seperti mendengarkan pidato. Membosankan. Untuk itu perlu target market yang pas.


 #EMPAT - LOMBA
Lomba Menulis Artikel  dengan tema “Mahasiswa dan Ojek Online”
Threat and Weakness :
-          Mahasiswa saat ini, umumnya... bahkan untuk menulis tugas makalah saja hasil dari copy paste googling maupun wikipedia. Umm..


 #LIMA - LOMBA

Lomba Fotografi Kampus dengan tema “Mahasiswa dan Ojek Online­­
Strength and Opportunity :
-          Foto dan Ojek Online adalah kegiatan yang sangat umum dilakukan. Sehingga, mengikuti kompetisi ini bakal membangkitkan “hobi” mahasiswa jaman now yang umumnya sangat familiar dengan kamera dan aplikasi ojek online.
Threat :
-          Terkadang acara berbasis lomba fotografi digelar berujung ketidak-puasan peserta. Penilaian dinilai bersifat tidak fair, hal ini bisa menurunkan minat peserta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar